Minggu, 27 April 2014

RPP FISIKA



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran       : Fisika
Kelas/Semester      : VII/ dua
Peminatan              : Nur Astria Rahmawati
Materi Pokok         : Kalor
Pertemuan ke         : 1 dan 2
Alokasi Waktu       : 120 menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Kognitif
Setelah mempelajari pokok bahasan :
1.      Siswa mampu memberikan definisi tentang kalor (C1)
Alasan : karena menurut Teori Pieget pada buku Psikologi Pendidikan karya Jeanne Ellis Ormrodusia . Pada usia 12 tahun anak sudah masuk kedalam tahap oprasional formal, dimana siswa sudah dianggap mampu memikirkan dan membayangkan konsep dan juga mengenali kesimpulan yang logis, oleh sebab itu, pada tahap ini anak dianggap mampu memberikan definisi menurut hasil pemikirannya.
2.      Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis kalor (C1)
Alasan : karena menurut Teori Pieget pada buku Psikologi Pendidikan karya Jeanne Ellis Ormrodusia . Pada usia 12 tahun anak sudah masuk kedalam tahap oprasional formal, dimana siswa sudah dianggap mampu mimisahkan dan mengontrol variable. Oleh sebab itu, siswa dianggap sudah mampu mengidentifikasikan sesuatu.
3.      Siswa mampu memberikan contoh tentang kalor yang sering terjadi dalam keseharian mereka. (C2)
Alasan : karena menurut Teori Pieget pada buku Psikologi Pendidikan karya Jeanne Ellis Ormrodusia . Pada usia 12 tahun anak sudah masuk kedalam tahap oprasional formal, dimana siswa sudah dianggap mampuuntuk memberikan contoh tentang aplikasi teori karena siswa sudah dapat mengemukakan penjelasan terhadap suatu fenomena yang terjadi.
4.      Siswa mampu memperhitungkan besarnya kalor.( C3)
Alasan : karena menurut Teori Pieget pada buku Psikologi Pendidikan karya Jeanne Ellis Ormrodusia . Pada usia 12 tahun anak sudah masuk kedalam tahap oprasional formal, dimana pada tahap ini kemampuan matematika siswa cenderung membaik. Soal-soal abstrak menjadi lebih mudah dipecahkan. Oleh sebab itu, diharapkan siswa sudah mampu memperhitungkan besarnya kalor sesuai matematis.

2.      Psikomotorik
Setelah mempelajari pokok bahasan :
1.      Siswa mampu menggunakan thermometer dan neraca untuk mengukur suhu serta massa. (P4)
Alasan : karena untuk mengukur suhu dan kalor dibutuhkan pengembangan skill atau kemampuan tersebut untuk mengukur kalor. Kegiatan  pengukuran juga melatih psikomotorik halus anak.
2.      Siswa mampu mendemonstrasikan percobaan yang sesuai dengan prinsip Asas Black. (P4)
Alasan : Pada masa  remaja anak-anak sudah mampu berpikir, mengkoordinasi pemikiran dan idenya dengan peristiwa tertentu ke dalam sistem pemikirannya sendiri. Oleh sebab itu, kata operasional “ mendemonstrasikan “ dianggap cocok agar siswa dapat mengekspresikan ide-idenya.  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar